Manfaat Menggunakan Domain .id

Domain merupakan sebuah alamat yang akan merujuk pada sebuah Blog atau Website. Penting sekali untuk memilih domain, karena hal ini sangat berhubungan dengan kualitas Blog tersebut. Namun disini yang akan dibahas adalah Manfaat menggunakan Domain .id
Manfaat Menggunakan Domain .id

Berbicara mengenai Manfaat Domain .id Kebetulan blog ini juga menggunakan domain .id yaitu .my.id. Domain ini termasuk Top Level Domain yang baru saja diluncurkan. Harganya pun masih tergolong murah, sekitar kurang dari Rp. 100.000. Pada waktu awal diluncurkan saya membeli di Idwebhost.

Manfaat Menggunakan Domain .ID

Kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo)
“Manfaatnya banyak, salah satunya dari sisi kecepatan,” ujar Rudiantara saat dijumpaiKompasTekno di Hotel Atlet Century Jakarta, Selasa (7/4/2015).
1. Kecepatan
Jelas jika kita mempunyai blog yang rata-rata pengunjung setiap waktunya adalah orang Indonesia maka itu akan lebih cepat, karena server akan terhubung langsung di Indonesia, berbeda jika kita menggunakan server luar atau domain .com, maka akan lebih lambat karena harus mengambil data yang ada di luar negeri.

"Yang kedua, ada penghematan dari bandwidth internasional," demikian kata pria yang kerap disapa Chief RA itu.
2.Saving Bandwidth
Kutipan dari Kompas
Penghematan bandwidth yang dimaksud teorinya akan terjadi saat resolving DNS, yaitu ketika sistem melakukan "pencarian" lokasi sesungguhnya dari situs tersebut (menerjemahkan dari alamat www.kompas.com ke alamat IP tertentu, misalnya). Jika diakses dari dalam negeri, resolving DNS untuk alamat .id seharusnya sepenuhnya di Indonesia. 
Namun, apakah resolving DNS untuk .com dan domain berakhiran lainnya harus dilakukan ke luar negeri? Jawabannya tidak sesederhana itu. Terkadang, "pencarian" DNS itu bisa dilakukan pada local cache saja. Tergantung situasi dan kondisi.
Penghematan yang lebih besar boleh diduga akan terjadi pada saat kontennya juga di-hosting di Indonesia. Nah, dengan makin maraknya teknologi berbasis cloud -- termasuk untuk layanan content delivery network -- lokasi konten juga kadang menjadi tidak pasti. 
Bisa jadi, konten yang diinginkan ada di lokasi penyedia cloud computing yang ada di luar negeri. Atau, bisa saja penyedia layanan komputasi awan itu sudah memiliki server lokal, demi mengejar kecepatan misalnya.

Kesimpulan Menggunakan Domain .id

Menggunakan domain .id berarti kita sudah mendukung pemerintah dalam bidang teknologi informasi, dan beberapa manfaat yang akan kita dapatkan seperti akses data yang lebih cepat, menghemat bandwidth. 

Sangat cocok untuk blog atau website yang rata-rata pengunjung berasal dari Indonesia. Jika domain .id masih tergolong mahal, bisa gunakan domain .my.id , .co.id , web.id dan lain-lain

Semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa komentarnya ya..


Blog, Updated at: 10:48 PM

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai aturan
1.Jangan menggunakan kata tidak sopan
2.Jangan Spam
3.Komentarlah dengan sopan, maka admin akan menjawab
Terimakasih

Informasi Gratis

Dapatkan Informasi Terbaru Gratis Yang Kami Kirim Ke E-Mail Anda.